Profil drag (induced drag)
Profil drag atau sering disebut dengan induced drag adalahhambatan terhadap gaya angkat yang dihasilkan pada bagian-bagian yang menghasilkan lift. Artinya jika induced drag makin besar maka gaya angkat semakin berkurang.
. Pada saat pesawat terbang sayap menghasilkan lift
karena tekanan dari bawah sayap lebih besar dibandingkan tekanan di atas sayap.
Dibawah sayap tekanannya positif (> dari tekanan udara di altitude),
sementara tekanan di atas sayap negatif (< tekanan di altitude), hal ini
mengakibatkan ada udara mengalir (berputar) dari bawah menuju atas sayap pada
daerah wing tip. Udara yang berputar pada ujung sayap ini disebut wing tip
vortex. Selanjutnya wing tip vortex ini menekan ujung sayap ke bawah. Udara
yang menekan ujung sayap ke bawah ini disebut INDUCED DRAG. Semakin besar
induced drag maka gaya angkat pesawat semakin berkurang.
Cara cara memperkecil induced drag yang dapat dilakukan oleh pabrik pembuat
pesawat terbang adalah:
a. Memperbesar Aspek Ratio (AR)
b.
Memperkecil Tapper Ratio
c.
Membuat wing tip up ward (wing let)
d.
Membuat ujung sayap tirus
e.
Membuat ujung sayap berupa titik (pointed tip wing)
f. Menambah kecepatan pesawat
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda