Rabu, 17 Desember 2014

Wing Tip Vortices (Vortex)



Di ujung luar sayap, vortex ini membentuk pusaran yang berputar cukup cepat. Vortex-vortex (vortices) ini juga mengakibatkan Drag (daya yang berlawanan dengan Lift dan menekan pesawat ke bawah) yang disebut Induced Drag. Makin besar lift yang dihasilkan makin besar Induced Drag  yang terjadi begitu pula dengan Vortices di ujung sayap ini (Wingtip Vortices).
Kekuatan Wingtip Vortices  ini berbanding lurus dengan berat pesawat dan berbanding terbalik dengan Wing Span (rentang sayap dari ujung ke ujung) serta kecepatan pesawat. Makin kecil kecepatan pesawat makin besar Angle of Attacknya (sudur serang yang dibentuk oleh sayap pesawat terhadap garis horizontal) dan makin besarWingtip Vortices-nya. Hasilnya Wingtip Vortices ini makin besar pada saat pesawat terbang dengan kecepatan rendah dan memerlukan Lift yang besar yaitu saat lepas landas, mendaki (Climb), dan mendarat. Wingtip vortices tidak dapat dihilangkan, tapi yang dapat diusahakan adalah memperkecil pengaruhnya; yaitu dengan cara memperpanjang sayap (memperbesar aspect ratio) serta membuat ujung sayap berbentuk tirus (tappered) 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda