Di ujung luar sayap, vortex ini membentuk pusaran yang
berputar cukup cepat. Vortex-vortex (vortices) ini juga
mengakibatkan Drag (daya yang berlawanan dengan Lift dan
menekan pesawat ke bawah) yang disebut Induced Drag. Makin
besar lift yang dihasilkan makin besar Induced Drag
yang terjadi begitu pula dengan Vortices di ujung sayap ini
(Wingtip Vortices).
Kekuatan Wingtip Vortices
ini berbanding lurus dengan berat pesawat dan berbanding terbalik dengan Wing
Span (rentang sayap dari ujung ke ujung) serta kecepatan pesawat.
Makin kecil kecepatan pesawat makin besar Angle of Attacknya (sudur
serang yang dibentuk oleh sayap pesawat terhadap garis horizontal) dan makin
besarWingtip Vortices-nya. Hasilnya Wingtip Vortices ini
makin besar pada saat pesawat terbang dengan kecepatan rendah dan
memerlukan Lift yang besar yaitu saat lepas landas, mendaki
(Climb), dan mendarat. Wingtip vortices tidak dapat dihilangkan, tapi yang
dapat diusahakan adalah memperkecil pengaruhnya; yaitu dengan cara
memperpanjang sayap (memperbesar aspect ratio) serta membuat ujung sayap
berbentuk tirus (tappered)
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda